Jumat, 14 September 2012

Budaya Politik


Baca yukkkkkkk...

Budaya Politik
A.PENGERTIAN BUDAYA POLITIK
Dalam kehidupan bernegara,masyarakat memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam menyikapi masalah politik dalam hubunganya dengan pemerintah .Secara umum,budaya politik terbagi atas :
Budaya politik apatis (acuh,masa bodoh,pasif);
Budaya politik mobilisasi (di dorong atau semgaja dimobilisasi);dan
Budaya politik partisipasif (aktif).
Model kebudayaan politik yang berkembang dalam duatu masyarakat sangat di pengaruhi oleh faktor-faktor berikut ini
Tingkat pendidikan warga negara (faktor kunci).
Tingkat ekonomi (semakin sejahtera rakyat maka semakkin tinggi partisipasi politiknya).
Reformasi politik/political will (semangat merevisi dan mengadopsi sistem politik yang lebih baik).
Sepremasi hukum (adanya penegakan hukum yang adil,independen dan bebas).
Media komunikasi yang independen (berfungsi sebagai kontrol sosial, bebas dan mandiri)
Almond dan verba membagi orientasi politik menjadi tiga bagian.
Orientasi kognitif, merupakan pemgatahuan masyarakat tentang sistem politik ,peran ,dan segala kewajibannya.
Orientasi afektif, merupakan perasaan masyarakat terhadap sistem politikn dan perannya,serta para aktor dan penampilannya.
Orientasi evakuatif merupakan keputusan dan pendapat masyarakat tentang objek-objek politik secara tipikal mekibatkan nilai morakl yangf ada dalam masyarakat demgan kriteria informasi dan perasaan yang mereka miliki .






1.BUDAYA POLITIK ABANGAN
budaya politik abangan adalah budaya politik masyarakat yang menekankan aspek-aspek animisme atau kepercayaan terhadap adanya rolh halus yang dapat menpangaruhi hidup manusia.tradisi selamatan nerupakan ciri khas masyarakat dengan budaya politik abangan.
2.BUDAYA POLITIK SANTRI
Budaya politik santri adalah budaya politik nasyarakat yang menekankan aspek-aspek keagamaan,khusnya agama islam .masyarakat santei biasanya diidentikkan dengan kelompok masyarakat yang sudah menjalankan ibadah atau ritual agama islam.
3.BUDAYA POLITIK PRIYAYI
Budaya politik priyayi adalah budaya politik masyarakat yang menekakan keluhuran tradisi.kelompok priyayi sering kali dikontraskan dengan lelompok petani.petani adalah masyarakat kelas bawah sementara priyayi adalah masyarakat kelas atas atau kelompok masyarakat aristokrat.




Macam-macam Peralatan Kantor
Meja Resepsionis (penerima tamu)
   Meja yang digunakan untuk menerima tamu ataupununtuk dijadikan tempat memberi dan             mengetahuiinformasi yang berhubungan dengan perusahaan.





 Meja Rapat
   Meja ini digunakan pada saat pertemuan rapat


Filing Cabinet
Filing Cabinet biasanya mempunyai 4 kotak kecil daribawah keatas, gunanya untuk menyimpan map-mapfile atau kartu-kartu yang berukuran kurang lebih 25 x35 cm.

Laci-laci kartu
Bentuknya adalah semacam lemari rak dengan laci-laciyang lebih kecil daripada laci-laci filing cabinet.

 Printer
Digunakan untuk mencetak hasil komunikasi antarapengguna dengan CPU seperti yang nampak pada layar monitor ke dalam selembar kertas, bisa berupa tulisanatau gambar.
Mesin fotocopy
Mesin fotocopy adalah alat untukmenggandakan dokumendengan memperbesar atau memperkecil ukurandari aslinya.

Mesin Penghancur Kertas
Mesin penghancur kertas diperlukan untukmenghancurkan arsip-arsipatau dokumen yang sudahtidak terpakai lagi atau nilaigunanya (kadaluarsa).Karena fungsinya sebagaipenghancur kertas, makaperanannya sangat besar,sehingga rahasia yang adadi dalam dokumen tersebuttidak dapat diketahui olehorang lain. Denganhancurnya kertas dalam bentuk keci

Mesin Stensil

Mesin stensil tidak lain adalah mesin penghasildokumen berbentuk lembaran dalam jumlah banyakdengan menggunakan pembantu “kertas master” yang disebut dengan stensil sheet 
atau sit stensil. Bila duawarna atau lebih diperlukan pada salinan akhir, stensilyang terpisah harus dibuat dan penduplikasian yangterpisah harus dijalankan untuk setiap warna.

Komputer
Secara umum komputer telah menggantikan fungsimesin tik sebagai alat untuk membuat warkat dandokumen sekaligus menggandakannya dengan alatpencetak yang disebut
 printer . Komputer dibagi menjadi 2bagian, yaitu perangkat keras (hardware) dan perangkatlunak  (software).

1 komentar:

januar surya mengatakan...

terima kasih artikelnya.

www.kiostiket.com

Poskan Komentar